Situational Judgment Test (SJT) untuk PPPK Guru


Instruksi:
Baca setiap situasi dengan cermat dan pilih tindakan yang paling tepat menurut Anda. Pilih satu jawaban yang paling sesuai.

Situasi 1:
Anda adalah seorang guru di sekolah dasar. Salah satu siswa Anda, Budi, sering terlambat masuk kelas dan tidak mengerjakan tugas rumah. Anda telah mencoba berbicara dengan Budi, tetapi tidak ada perubahan. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Memberikan hukuman kepada Budi agar dia jera.
  2. Menghubungi orang tua Budi untuk mendiskusikan masalah ini dan mencari solusi bersama.
  3. Membiarkan Budi dan berharap dia akan berubah sendiri.
  4. Mengurangi nilai Budi sebagai bentuk konsekuensi atas perilakunya.

Situasi 2:
Anda mengajar di kelas yang terdiri dari siswa dengan berbagai tingkat kemampuan. Beberapa siswa merasa bosan karena materi terlalu mudah, sementara yang lain kesulitan mengikuti pelajaran. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengajar dengan kecepatan yang sama dan berharap semua siswa bisa mengikuti.
  2. Membagi siswa menjadi kelompok berdasarkan kemampuan mereka dan memberikan materi yang sesuai dengan tingkat mereka.
  3. Memberikan tugas tambahan kepada siswa yang merasa bosan.
  4. Fokus pada siswa yang kesulitan dan mengabaikan yang lain.

Situasi 3:
Seorang siswa di kelas Anda mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika yang Anda ajarkan. Siswa tersebut merasa frustasi dan mulai kehilangan minat dalam pelajaran. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Memberikan lebih banyak pekerjaan rumah kepada siswa tersebut agar dia bisa berlatih lebih banyak.
  2. Mengabaikan masalah tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
  3. Mengadakan sesi bimbingan tambahan untuk membantu siswa tersebut memahami konsep yang sulit.
  4. Menyuruh siswa tersebut untuk mencari bantuan dari teman sekelasnya.

Situasi 4:
Anda mendapati bahwa beberapa siswa di kelas Anda sering menggunakan ponsel selama pelajaran berlangsung, meskipun sudah ada aturan yang melarang penggunaan ponsel di kelas. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Menyita ponsel siswa yang melanggar aturan.
  2. Mengingatkan siswa tentang aturan penggunaan ponsel dan memberikan konsekuensi jika mereka melanggar lagi.
  3. Membiarkan siswa menggunakan ponsel selama mereka tidak mengganggu pelajaran.
  4. Mengadakan diskusi kelas tentang pentingnya fokus selama pelajaran dan mencari solusi bersama.

Situasi 5:
Anda menerima keluhan dari beberapa orang tua siswa bahwa mereka merasa tidak mendapatkan informasi yang cukup tentang perkembangan anak mereka di sekolah. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengabaikan keluhan tersebut karena Anda merasa sudah memberikan informasi yang cukup.
  2. Mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua untuk memberikan update tentang perkembangan siswa.
  3. Mengirimkan laporan tertulis kepada orang tua setiap bulan.
  4. Meminta orang tua untuk lebih proaktif dalam mencari informasi tentang anak mereka.

Situasi 6:
Anda mengajar di kelas yang terdiri dari siswa dengan berbagai latar belakang budaya. Beberapa siswa merasa tidak nyaman dengan perbedaan budaya yang ada. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengabaikan masalah tersebut dan berharap siswa akan menyesuaikan diri.
  2. Mengadakan diskusi kelas tentang pentingnya menghargai perbedaan budaya.
  3. Memisahkan siswa berdasarkan latar belakang budaya mereka.
  4. Memberikan tugas kelompok yang melibatkan siswa dari berbagai latar belakang budaya.

Situasi 7:
Seorang siswa di kelas Anda sering mengganggu teman-temannya selama pelajaran berlangsung. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengabaikan perilaku siswa tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
  2. Memberikan hukuman kepada siswa tersebut agar dia jera.
  3. Berbicara dengan siswa tersebut secara pribadi untuk mencari tahu alasan di balik perilakunya.
  4. Memindahkan siswa tersebut ke kelas lain.

Situasi 8:
Anda mendapati bahwa beberapa siswa di kelas Anda kesulitan memahami materi pelajaran karena bahasa pengantar yang digunakan bukan bahasa ibu mereka. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengabaikan masalah tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
  2. Menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan memberikan penjelasan tambahan.
  3. Mengadakan kelas tambahan untuk siswa yang kesulitan.
  4. Meminta siswa untuk belajar sendiri di rumah.

Situasi 9:
Anda menerima laporan dari seorang siswa bahwa dia merasa diintimidasi oleh teman sekelasnya. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengabaikan laporan tersebut karena tidak ada bukti yang jelas.
  2. Mengadakan pertemuan dengan siswa yang terlibat untuk mencari tahu kebenarannya.
  3. Memberikan hukuman kepada siswa yang diduga melakukan intimidasi.
  4. Mengadakan diskusi kelas tentang pentingnya menghormati satu sama lain.

Situasi 10:
Anda mendapati bahwa beberapa siswa di kelas Anda sering tidak mengerjakan tugas rumah. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Memberikan hukuman kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas rumah.
  2. Mengingatkan siswa tentang pentingnya mengerjakan tugas rumah dan memberikan konsekuensi jika mereka tidak melakukannya.
  3. Membiarkan siswa yang tidak mengerjakan tugas rumah dan fokus pada siswa yang rajin.
  4. Mengadakan sesi bimbingan tambahan untuk membantu siswa yang kesulitan mengerjakan tugas rumah.

Situasi 11:
Anda adalah seorang guru di sekolah menengah. Salah satu siswa Anda, Andi, sering tidur di kelas dan tidak memperhatikan pelajaran. Anda telah mencoba membangunkannya beberapa kali, tetapi dia tetap tidur. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Memberikan hukuman kepada Andi agar dia jera.
  2. Menghubungi orang tua Andi untuk mendiskusikan masalah ini dan mencari solusi bersama.
  3. Membiarkan Andi tidur dan berharap dia akan berubah sendiri.
  4. Mengurangi nilai Andi sebagai bentuk konsekuensi atas perilakunya.

Situasi 12:
Anda mengajar di kelas yang terdiri dari siswa dengan berbagai tingkat kemampuan. Beberapa siswa merasa bosan karena materi terlalu mudah, sementara yang lain kesulitan mengikuti pelajaran. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengajar dengan kecepatan yang sama dan berharap semua siswa bisa mengikuti.
  2. Membagi siswa menjadi kelompok berdasarkan kemampuan mereka dan memberikan materi yang sesuai dengan tingkat mereka.
  3. Memberikan tugas tambahan kepada siswa yang merasa bosan.
  4. Fokus pada siswa yang kesulitan dan mengabaikan yang lain.

Situasi 13:
Seorang siswa di kelas Anda mengalami kesulitan dalam memahami konsep sains yang Anda ajarkan. Siswa tersebut merasa frustasi dan mulai kehilangan minat dalam pelajaran. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Memberikan lebih banyak pekerjaan rumah kepada siswa tersebut agar dia bisa berlatih lebih banyak.
  2. Mengabaikan masalah tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
  3. Mengadakan sesi bimbingan tambahan untuk membantu siswa tersebut memahami konsep yang sulit.
  4. Menyuruh siswa tersebut untuk mencari bantuan dari teman sekelasnya.

Situasi 14:
Anda mendapati bahwa beberapa siswa di kelas Anda sering menggunakan ponsel selama pelajaran berlangsung, meskipun sudah ada aturan yang melarang penggunaan ponsel di kelas. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Menyita ponsel siswa yang melanggar aturan.
  2. Mengingatkan siswa tentang aturan penggunaan ponsel dan memberikan konsekuensi jika mereka melanggar lagi.
  3. Membiarkan siswa menggunakan ponsel selama mereka tidak mengganggu pelajaran.
  4. Mengadakan diskusi kelas tentang pentingnya fokus selama pelajaran dan mencari solusi bersama.

Situasi 15:
Anda menerima keluhan dari beberapa orang tua siswa bahwa mereka merasa tidak mendapatkan informasi yang cukup tentang perkembangan anak mereka di sekolah. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengabaikan keluhan tersebut karena Anda merasa sudah memberikan informasi yang cukup.
  2. Mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua untuk memberikan update tentang perkembangan siswa.
  3. Mengirimkan laporan tertulis kepada orang tua setiap bulan.
  4. Meminta orang tua untuk lebih proaktif dalam mencari informasi tentang anak mereka.

Situasi 16:
Anda mengajar di kelas yang terdiri dari siswa dengan berbagai latar belakang budaya. Beberapa siswa merasa tidak nyaman dengan perbedaan budaya yang ada. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengabaikan masalah tersebut dan berharap siswa akan menyesuaikan diri.
  2. Mengadakan diskusi kelas tentang pentingnya menghargai perbedaan budaya.
  3. Memisahkan siswa berdasarkan latar belakang budaya mereka.
  4. Memberikan tugas kelompok yang melibatkan siswa dari berbagai latar belakang budaya.

Situasi 17:
Seorang siswa di kelas Anda sering mengganggu teman-temannya selama pelajaran berlangsung. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengabaikan perilaku siswa tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
  2. Memberikan hukuman kepada siswa tersebut agar dia jera.
  3. Berbicara dengan siswa tersebut secara pribadi untuk mencari tahu alasan di balik perilakunya.
  4. Memindahkan siswa tersebut ke kelas lain.

Situasi 18:
Anda mendapati bahwa beberapa siswa di kelas Anda kesulitan memahami materi pelajaran karena bahasa pengantar yang digunakan bukan bahasa ibu mereka. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengabaikan masalah tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
  2. Menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan memberikan penjelasan tambahan.
  3. Mengadakan kelas tambahan untuk siswa yang kesulitan.
  4. Meminta siswa untuk belajar sendiri di rumah.

Situasi 19:
Anda menerima laporan dari seorang siswa bahwa dia merasa diintimidasi oleh teman sekelasnya. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Mengabaikan laporan tersebut karena tidak ada bukti yang jelas.
  2. Mengadakan pertemuan dengan siswa yang terlibat untuk mencari tahu kebenarannya.
  3. Memberikan hukuman kepada siswa yang diduga melakukan intimidasi.
  4. Mengadakan diskusi kelas tentang pentingnya menghormati satu sama lain.

Situasi 20:
Anda mendapati bahwa beberapa siswa di kelas Anda sering tidak mengerjakan tugas rumah. Apa yang akan Anda lakukan?

  1. Memberikan hukuman kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas rumah.
  2. Mengingatkan siswa tentang pentingnya mengerjakan tugas rumah dan memberikan konsekuensi jika mereka tidak melakukannya.
  3. Membiarkan siswa yang tidak mengerjakan tugas rumah dan fokus pada siswa yang rajin.
  4. Mengadakan sesi bimbingan tambahan untuk membantu siswa yang kesulitan mengerjakan tugas rumah.